Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

www.JurusGrafis.com

Introduction

Jurus Grafis adalah sebuah blog desain lokal yang berisi tutorial, inspirasi dan tips terkini dari dunia desain grafis (khususnya sekarang ini pada desain website). Tidak hanya membahas masalah teknis, blog ini juga mengulas artikel tentang bisnis desain grafis itu sendiri, mulai dari cara memasarkan diri sendiri sebagai desainer di dunia maya, sampai tips membuat invoice yang menarik.

Latar belakang berdirinya blog ini berawal dari penglihatan Richard Fang saat itu, bahwa perkembangan desain grafis lokal saat ini sedang pesat, tetapi kenapa belum ada blog desain yang bermunculan? (tentu dengan bahasa Indonesia, agar semua orang Indonesia yang tertarik dengan desain bisa membacanya). Motivasi itulah yang mendorong lahirnya Jurus Grafis. Nama dan simbol Jurus Grafis sendiri di cetuskan oleh Tosan Aji, teman seangkatan Richard pada waktu menimba ilmu di DKV BINUS.

Impact

Dengan adanya Jurus Grafis akhir-akhir ini mulai tumbuh juga blog desain lokal yang tentu akan semakin menambah konten lokal desain grafis di dunia maya. Selain para desainer di biasakan untuk berbagi ilmu dengan sesama, dengan cara ini penulis blog biasanya juga akan mempelajari hal baru untuk di bagikan, jadi tidak ada istilah “ilmu akan hilang kalau di bagikan gratis”, malah sebaliknya.

Respon yang didapat selama 7 bulan (Jurus Grafis lahir pada 1 Oktober 2009) sangat baik sekali, dan sampai sekarang jumlah fans di Facebook Page Jurus Grafis dan pengkikut di Twitter Jurus Grafis masih terus bertambah. Dari sisi trafik website, angka 300 kunjungan unik perhari sudah terpenuhi. Namun Richard sebagai penulis tetap dan founder tidak terlalu menggantungkan kualitas blog pada statistik tetapi lebih kepada interaksi dengan para pembaca, baik itu melalui email, Fb Page, Twitter, dan tentu saja komentar di blog.

Future

Untuk kedepannya, Jurus Grafis mempunyai misi tersendiri yang berhubungan dengan pendidikan desain di Indonesia. Dengan memanfaatkan internet (yang bisa di bilang sudah sangat murah) desain bisa di pelajari semua orang dengan gratis.

Selain media online, Jurus Grafis mempunyai mimpi akan menjadi sebuah tempat fisik yang ada wujudnya, dengan menerapkan metode pendidikan yang riil dan berdasarkan dunia nyata. Misalnya, pada saat tahap akhir, murid akan di percayakan untuk menangani project-nya sendiri (mulai dari mencari di internet, pengajuan konsep, tata cara pengiriman dokumen, sampai dengan menerima pembayaran melalui online).

Tentu untuk mencapai ke arah sana dibutuhkan fondasi yang kuat. Dan seperti yang kita tahu, awal yang “kecil” lebih akan berpengaruh daripada tidak melakukan langkah awal sama sekali. Jadi doakan saja, langkah masa depan nya akan terwujud seperti yang di bayangkan :)

. . .

Richard Fang
Web Interface Designer
Founder www.JurusGrafis.com

.

« Previous Article Next Article »

COMMENTS

  1. Sedih.. dah gak ada lagi….

  2. kenapa sekarang jurus grafis tidak ada ya?
    padahal jurus grafis adalah salah satu website desain grafis berbahasa indonesia yang paling berkualitas menurut saya.banyak hal yang bisa dipelajari dari sana…

  3. iya . admin , bisa jelaskan ?

  4. Pada kemana mereka???JurusGrafis hilang, Smartuts juga ikut2an hilang……..

    ini sangat disayangkan, dulu saya banyak mendapat ilmu dari sana

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly