Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

Yongky Safanayong



Riwayat Hidup

Nama Lengkap : Prof. Drs. Yongky Safanayong
NIK : 19940031
Tempat / Tgl Lahir : Bandung / 26 Agustus 1950
Alamat : Ridwan III / 39, Patal Senayan, Jakarta 12210
Status : Menikah dengan Bwee Wisudha

Pendidikan

1955 – 1961 : SD Strada, Jakarta
1961 – 1965 : SMP Strada, Jakarta
1965 – 1970 : SMA Strada, Jakarta
1971 – 1980 : Dept. Seni Rupa,
Fakultas Teknik Universitas Trisakti, Jakarta

Riwayat pekerjaan

1980 – 1994 : Dosen Tetap Jurusan Desain Grafis
Universitas Trisakti, Jakarta
1993 – 1994 : Ketua Program Studi Desain Grafis USAKTI, Jakarta
1994 – Sekarang : Dosen Tetap Universitas Pelita Harapan, Karawaci
1997 – 2002 : Ketua Jurusan Desain, FTSP Universitas Pelita Harapan
2002 – Sekarang : Ketua Jurusan Desain Komunikasi Visual, FDTP – UPH

Pengalaman

1983 : Anggota Panitia Pameran Teknologi Pedesaan,
Gelanggang Remaja Jakarta Utara ( 18 – 22 Mei ).
1984 : Dosen Penanggung Jawab Pameran Pendidikan Desain,
Galeri Seni Jaya Ancol, Jakarta ( 31 Juli – 8 Agustus ).
1986 : Ketua Sie Publikasi & Dokumentasi
Pameran dan Seniman Desain Produk dan Desain Grafis.
“Desain yang Aman & Nyaman“, Kerjasama
Universitas Trisakti – Goethe Institute, Galeri Seni
Jaya Ancol, Jakarta ( 22 – 31 Agustus ).
1987 : Supervisor Bidang Desain Kemasan. Pengabdian pada
Masyarakat. Kerjasama USAKTI – Dinas Perindustrian DKI
Jakarta ( 29 Januari ).
1988 : Panitia Seminar Jurusan desain “Peranan Desain
dalam Pembentukan Wajah Kota DKI Jakarta“,
FTSP – Universitas Trisakti, Jakarta ( 3 Desember ).
1990 : Peserta Conference Second International Design
Forum, Singapore ( 18 – 21 Oktober ).
1990 : Peserta Asia – Pasific Design Exchange, Osaka Jepang
1992 : Peserta Third International Design Forum, Singapore
( 21 – 25 Oktober ).
1992 : Staf Sekretariat Merangkap Desainer Konferensi –
Tingkat Tinggi Non Blok ke-10, Jakarta.
1993 : Peserta International Design Congress, Glasgow,
Inggris ( 20 – 24 Agustus ).
1994 : Penyusun Kurikulum Operasional + Silabus
Jurusan Desain Komunikasi Visual & Desain Interior
Universitas Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.
1994 : Staf Sekretariat Merangkap Desainer Grafis
Konferensi APEC, Bogor.
1996 : Peserta International Design Forum 96, Singapore
( 23 – 25 Oktober ).
1998 : Peserta Asia Pasific Design Conference 98, Jakarta
( 29 – 30 Oktober ).
1999 : Ketua Tim Persiapan Pembentukan Jurusan Teknik –
Desain Grafis pada Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
2006 : Penyusun Kurikulum Operasional 2006 – 2007 Jurusan
Komunikasi Visual – Unversitas Ciputra, Surabaya.

Direktur Pusat Kebudayaan Jepang, Nobu Miyazaki, Iwan Ramelan, Shigeo Fukuda, Hanny Kardinata, Yongky Safanayong, Gauri Nasution dan staf penterjemah Pusat Kebudayaan Jepang.

Menyambut kedatangan Shigeo Fukuda di Indonesia dalam rangka Pameran Grafis ’89 (Pameran ke-2 IPGI-JAGDA). Ki-ka: Direktur Pusat Kebudayaan Jepang, Nobu Miyazaki, Iwan Ramelan, Shigeo Fukuda, Hanny Kardinata, Yongky Safanayong, Gauri Nasution dan staf penterjemah Pusat Kebudayaan Jepang.

Wagiono Sunarto, Shigeo Fukuda, Yongky Safanayong dan isteri FHK Henrion (pendiri ICOGRADA, desainer logo KLM).

IPGI menghadiri sidang ICOGRADA di Glasgow, Scotlandia. Ki-ka: Wagiono Sunarto, Shigeo Fukuda, Yongky Safanayong dan isteri FHK Henrion (pendiri ICOGRADA, desainer logo KLM.

Karya Tulis

1. Buku

1986 : Sejarah Aksara & Typografi, Universitas Trisakti, Jakarta
1993 : Menciptakan Program Indentitas, Universitas Pelita
Harapan, Karawaci – Tangerang.
1994 : Apresiasi Seni Lukis Barat, Universitas Pelita Harapan,
Karawaci – Tangerang.
1997 : Eksistensi Corporate Identity, Universitas Pelita Harapan,
Karawaci – Tangerang.
1998 : Kronologi 900 Typefaces: 1450 – 1997, Universitas
Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.
2002 : Cross – Cultural Design, Universitas
Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.
2006 : Desain Komunikasi Visual Terpadu, Universitas
Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.

2. Majalah – Jurnal

1985 : Estetis & Humanis. Majalah ASRI No 33 /Okt, Jakarta
1987 : Etis & Humanis. Jurnal FTSP – USAKTI No 2/Thn II, Agustus.
1989 : Desain Grafis Jepang. Majalah ASRI No 79/Okt
1995 : Estetis & Etis. Majalah Infide No 1/Nov-Des,
Universitas Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.
1996 : Desain, Desainer & Pendidikan Desain dalam
Milenium. Majalah Infide Vol II o 4/Mei-Jul,
Universitas Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.
1997 : Post – Modernism. Majalah Infide Vol III No 6,
Universitas Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang.
2000 : Strategi & Taktik Pendidikan Desain Grafis dalam
Menghadapi Millenium Baru. Jurnal Aksen Vol 1 No 1
September, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
2004 : Visibility – Tantangan Bagi Desainer. Jurnal Ilmiah 2D3D,
Jurusan Desain FDTP – UPH Vol 1 No 1 juli, Karawaci.
2005 : Good Design = Good Ethics ?. Majalah Concept Vol 1
Edisi 03, Jakarta.
2005 : Peka Menjaring Inspirasi, Jeli Mengendalikan Teknologi.
Majalah Desain Grafis Concept, Vol 2 Edisi 08, Jakarta.
2006 : Local Content untuk Membangun Karakter. Majalah
Concept Vol 2 Edisi 11, Jakarta.
2006 : Pendidikan Desain Sebagai Sendi Pembentukan Insan
Budaya, Jurnal Ilmiah. 2D3D, Jurusan Desain FDTP – UPH,
Vol 3 No 2 Juli, Karawaci – Tangerang.

3. Makalah, Seminar dan Ceramah

1995 : Mengelola Proyek Desain Kemasan. BPPT, Jakarta (26 Juni ).
1996 : Semiotik dalam Foto. Hotel Alia, Jakarta ( 26 April ).
1996 : Typografi untuk Penerbitan. Fakultas Ekonomi, UI, Depok,
Jakarta ( 19 Agustus ).
1997 : Peran Typografi dalam Membentuk Citra Industri. Fakultas
Ekonomi, UI, Depok, Jakarta ( 22 Oktober ).
1998 : Creative UPH Student. Program Orientasi Mahasiswa Baru
Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang ( 30 Juli ).
2000 : Desain Produk Kaitannya dengan Desain Kemasan,
Yayasan Wredatama Perindustrian & Perdagagan RI,
Jakarta ( 13 April ).
2002 Etika dan Keprofesian Seorang Desainer. Jurusan Arsitektur
Universitas Pelita Harapan, Karawaci ( 16 Oktober ).
2003 : Mengenal Poster Lebih Dekat. Latar Belakang, Pesan &
Fungsi Media Poster, Media Poster di Indonesia. Bentara
Budaya, Jakarta. Prakasa Forum Desainer Grafis Indonesia. (
FDGI ), ( 14 Juni ).
2004 : Creative Thinking. Gereja Kristus Yesus, Grenvil, Jakarta
( 11 Juni ).
2005 : Budaya Visual – Pendekatannya. Jurusan Desain Interior
Unversitas Pelita Harapan ( 23 November ).
2006 : Hidup Bersama Bambu di Jepang. Dalam Semiloka Bambu
Fakultas Desain & Teknik Perencanaan UPH ( 28 Juni ).
2006 : Peran Desainer Grafis Pada Masa Yang Akan Datang.
Program Orientasi Mahasiswa Baru Jurusan Desain
Komunikasi Visual, FDTP, Universitas Pelita Harapan ( Juli ).
2006 : Desainer Grafis Yang Baik = Siap Pakai?. Galeri Nasional
Jakarta ( 23 Agustus ). Prakarsa : Asosiasi Desainer Grafis
Indonesia (ADGI), Forum Desainer Grafis Indonesia ( FDGI )
& DIKNAS.

4. Diktat Kuliah

1978 – 1980 : Desain Nirmana, Unversitas Trisakti, Jakarta.
1982 : Macam – macam Layout untuk Desain Grafis, USAKTI,
Jakarta.
1982 : Pengantar Proses Cetak, USAKTI, Jakarta.
1984 : Pengantar Typografi, USAKTI, Jakarta.
1985 : Sejarah Aksara & Typografi, USAKTI, Jakarta.
1986 : Evaluasi Desain Pesan Visual, USAKTI, Jakarta
1995 : Pengantar Teori Warna, UPH, Karawaci.
1995 : Pedoman Desain Grafis / Desain Komunikasi Visual,
UPH, Karawaci.
1995 – 1996 : Apresiasi Desain : Arts & Crafts Movement – Post –
Modernisme, UPH, Karawaci.
1995 : Bauhaus, UPH, Karawaci.
1995 : Post-Modernisme, UPH, Karawaci.
1995 : Sejarah & Apresiasi Desain Amerika, UPH, Karawaci.
1995 – 1996 : Sejarah & Apresiasi Desain Jepang, UPH, Karawaci.
1996 : Proses Komunikasi, UPH, Karawaci.
1996 : Sejarah & Apresiasi Desain Itali, UPH, Karawaci.
1996 : Pengantar Metodologi Desain. UPH, Karawaci.
1997 – 1998 : Sejarah & Apresiasi Desain Swiss, Belanda dan
Polandia, UPH, Karawaci.
2006 : Efektifitas Desain CI, Brand Identity & Citra Brand,
UPH, Karawaci
2006 : Redesign Logo – sebuah perubahan sikap, tujuan &
Apresiasi, UPH, Karawaci.
Penelitian
1990 : Sebagai Ketua Tim Peneliti :
Eksistensi Corporate Identity Bank -Bank di Indonesia.
Universitas Trisakti, Jakarta.
2004 – 2005 : Sebagai Ketua Tim Peneliti :
Penelitian Visual Elemen – Elemen Pendukung
Efektifitas Desain Komunikasi Visual. Universitas
Pelita Harapan, Karawaci, 1 Agustus 2004 – 28 Febuari
2005.

•••

« Previous Article Next Article »

COMMENTS

  1. pak yongky congratulation buat pengangkatannya yah:D
    tadi mau datang tapi nga bisa

  2. Pak Han, mohon izin untuk dikutip pada forum mosher (tentunya ada link kembali ke situs DGI)

  3. pak, mulai besok pas kelas sejarah oriental saya boleh panggil bapak pake ‘prof’ dong?

  4. herdi, silahkan saja dikutip.

  5. Selamat pak Yongky! Seharusnya udah dari kapan – kapan koq.. terlambat banget nih pemberiannya

  6. selamat pak

  7. Selamat Prof, Anda akan selalu menjadi guru dan panutan saya.
    Proviciat!

  8. Congratulation Pak,
    Titip beberapa kata, bahwa di Indonesia masih banyak orang yang kurang memahami arti dari sebuah lantai. Terbukti kalau punya rumah tidak memprioritaskan lantai tetapi furniture. Padahal lantai adalah dasar dari sebuah rumah/tempat tinggal. Kalau lantainya bagus dan bersih, apapun yang diletakkan didalam rumah akan terlihat lebih. Apalagi tidak dingin, terasa lembut, pasti semua orang suka bertelanjang kaki dan merasakan rileksnya di rumah.

  9. Wah, luar biasa.. Saya benar2 merasa kagum sama bapak.. selama ini bapak sudah menjadi panutan saya untuk terus berkarya dan maju di dunia desain grafis… tapi setelah saya membaca kerja keras bapak selama ini, saya semakin kagum sama bapak… semangat bapak harus dijadikan contoh bagi semua orang, bukan hanya dalam dunia desain grafis, tapi dalam semua bidang.
    Semoga semangat ini akan terus mengalir, dan ditularkan kepada orang lain.
    Selamat kpd bapak yg telah diangkat menjadi profesor..

    Salam,
    Shierly Maria
    DKV UPH’06

  10. Pak Yongky, mungkin bapak tidak ingat lagi dengan saya, salah satu mahasiwa bapak di desain grafis Trisakti angkatan 1982. Saya angkatan Rita dan B Mayangsari, Ny Yetti, serta Gamma. Surprise banget, ternyata salah satu dosen yang menjadi kebanggaan saya dulu kini telah menjadi profesor. Congratulation Pak Profesor! Suatu saat kalau ada waktu saya ingin juga mewawancarai bapak, karena saya sejak lulus tahun 1987, bekerja di Sriwijaya Post Palembang–Kelompok Kompas Gramedia. sekali lagi selamat Pak Yongky.

  11. selamat untuk mas yongki, dari saya salah satu murid anda di jurusan Desain Grafis Usakti angkatan 1984, walau akhirnya saya memilih bekerja dan bersembunyi, tetapi dasar dan ilmu yang saya dapatkan masih tetap sebagai kekuatan pada karya seni lukis grafis saya.

    Brafo Prof !
    D.Satyaki Mochtan ( Kiki ) – DG 13584088

  12. […] • Yongky Safanayong Teman Mengobrol Yang Seru Lahir di Bandung 26 Agustus 1950, tapi masa kecil hingga dewasa banyak dihabiskan di Jakarta. Selepas SMA 1970, ia memutuskan melanjutkan pendidikannya di Universitas Trisakti di Departemen Seni Rupa. Pilihannya menekuni karir bidang pendidikan desain komunikasi visual, telah mengantarkan beliau menjadi guru besar DKV dengar gelar profesor. […]

  13. Kalo gak karna p’ yongky, saya gak bakal lulus kuliah….
    beliau lah yang nyemangatin saya untuk ngelarin TA yang lama udah terbengkalai itu…. sangking baeknya si bapak, saya suka ketakutan sendiri kalo ke kampus mau urus tuh TA. Si bapak masih 20 meter jauh di depan sana, diriku udh ngibrit ke WC tuk’ bersembunyi. Tapi kalo akhirnya diriku tpaksa menghadap si bapak, matanya yang lembut & suaranya yang halus memberi energi yang kuat bagi saya untuk maju en dengan dukungannya yang tidak pernah habis diriku akhirnya berhasil lulussssssssss!!!!

    Selain ilmunya yang emang tinggi, saya sangat bangga dengan sang Prof, karena sikapnya yang sangat mengayomi & rendah hati. Bangga eh pak punya dosen sperti bpk……God bless you always yah, pak….

    Febrina Johanna Siagian (Ina)
    DKV UPH’94
    23940016

  14. […] di Jakarta ataupun di luar Jakarta yang merasa menyesal tidak bisa hadir pada upacara pengukuhan Yongky Safanayong sebagai guru besar DKV Universitas Pelita Harapan (UPH), mereka merasa senang sekali ketika pada […]

  15. […] 1. Yongky Safanayong (Guru Besar DKV UPH) 2. Indarsjah Tirtawidjaja (Dekan Fakultas Desain Komunikasi Visual, […]

  16. […] 1. Yongky Safanayong (Guru Besar DKV UPH) 2. Indarsjah Tirtawidjaja (Dekan Fakultas Desain Komunikasi Visual, […]

  17. […] panelis adalah: Yongky Safanayong, Hermawan Tanzil, Arief Adityawan dan Eka Sofyan Rizal, dipandu oleh chief editor majalah Versus […]

  18. […] into the media. I was then more convinced after listening to the story of bento box philosophy from Professor Yongky Safanayong. A bento box, when it is opened, the arrangement of the beautiful food inside fascinate our eyes, […]

  19. […] refleksi dari buku karya Yongky Safanayong “Desain Komunikasi Visual Terpadu” dibawakan oleh Danton Sihombing (Ketua umum ADGI, […]

  20. saya tidak tahu apakan ada guru besar desain grafis yang lain atau paling tidak jika ada buat saya beliau adalah orang paling layak mendapatkan jenjang guru besar, buat saya mas yongki adalah guru besar desain pertama di indonesia, dan saya sangat bangga pernah diajar beliau..
    hingga sekarang saya menjadi pengajar grafiis karena sangat terinspirasi oleh perjuangan beliau untuk memajukan pendidikan desain grafis di indonesia..

    saya sangat salut… terus perjuang prof..!!!

  21. buku DKV terpadu dari pak Yongky membuat saya kagum,salah satu buku yang terbaik yang pernah saya miliki. Terima kasih.

  22. Selamat ulang tahun pak Yongky. Tuhan memberkati.

  23. […] Prof. Drs. Yongky Safanayong Integrasi Tempat-Waktu-Kondisi-Sikap: sebagai Perspektif Baru dalam Desain Komunikasi […]

  24. […] atau komunikasi visual yang menerima anugerah ini, yaitu: A.D. Pirous, Riswanto (Iwan) Ramelan, Yongky Safanayong dan Hanny Kardinata. Di tahun 2009 ini, DKV BINUS memutuskan untuk memberikan 2 (dua) penghargaan […]

  25. […] Oleh Yongky Safanayong […]

  26. […] Prof Yongky Safanayong (akademisi) […]

  27. […] jalan Kemang Selatan 99A, Jakarta, dihadiri oleh ketiga kurator Dr. Priyanto Sunarto (akademisi), Prof. Yongky Safanayong (akademisi) dan Hermawan Tanzil/LeBoYe […]

  28. […] Yongky Safanayong Desain: Yongky Safanayong Penerbit: Arte […]

  29. […] desain juara pertama sebelumnya adalah hasil contekan. Luar biasa, mengingat kejadian itu menurut Yongky Safanayong terjadi di tahun 1987!” Tambahnya lagi, “Melihat mas Iwan seperti menyaksikan sebuah […]

  30. […] Kemarin saya membaca di situs DGI ( Desain Grafis Indonesia ) salah satu situs yang menginspirasi saya untuk berbagi di internet, article yang saya baca yaitu tentang Etika Desain yang di tulis oleh Prof. Drs. Yongky Safanayong pada September 27, 2012 […]

  31. […] Oleh: Yongky Safanayong […]

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly