Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

New Book: History of Art

Click on the image to fit on your monitor

Untuk segenap insan kreatif…
Saya merekomendasikan sebuah buku yang baru terbit, berjudul: “History of Art” yang ditulis oleh Adi Kusrianto dan Made Arini (Penerbit: Elex Media Komputindo).
Harga: Rp 42.000,- s/d Rp 52.000,-

Berikut, saya lampirkan artikel/tulisan yang merupakan kutipan dari bagian awal buku ini sebagai gambaran terhadap isi buku “History of Art”

Salam,
Leonardo Widya

Prakata

Apakah nama dinosaurus pemakan sayuran ? Suatu pertanyaan yang tidak semua orang siap untuk menjawabnya. Oleh karenanya sang bapak perlu menilpun anaknya yang masih balita. Ternyata anaknya tahu. Sekalipun contoh diatas itu adalah fiktif belaka, namun bukan tidak mungkin Anda akan menghadapi tuntutan untuk tahu banyak hal diluar bidang yang Anda tekuni.

Jika Anda akan diangkat menjadi seorang pejabat ditempat kerja Anda, lalu ada test kelayakan yang menyatakan seberapa luas pengetahuan dan wawasan global Anda, boleh jadi pertanyaan seperti berikut bisa muncul. Siapakah pelukis jaman Renaisance yang karyanya sangat berpengaruh pada dunia hingga jaman kita ini.

Nah, saat itu Anda akan merasa bersyukur jika ternyata sudah membaca buku ini.

Informasi tentang Seni ternyata bukan hanya konsumsi para kurator dan mahasiswa jurusan seni saja. Ketika Anda nonton The Thomas Crown Affair, atau membaca novelnya, disitu ada maling yang mencuri maha karya Monet yang berharga sangat tinggi Anda akan “merasa” kurang intelek jika tidak tahu siapa Claudio Monet itu, dan mengapa lukisannya di curi maling dengan cara  secanggih itu?.

Juga pada film Mr. Bean The Movie, jika saja Anda tahu bahwa lukisan yang begitu berharga bagi sebuah musium di Amerika yang di jadikan main-mainan oleh Mr. Bean ini judulnya adalah Portrait of an Artist’s Mother, karya James Abbott McNeill. Kontan Anda akan jadi yang “terluas wawasannya” diantara teman-teman Anda.

Mengenali dan mampu mengapresiasi karya seni dari seniman terkenal dimasa silam seringkali dianggap bagian tolok ukur tingginya intelektualitas seseorang. Pengetahuan di bidang Seni, bisa jadi sebuah “informasi” atau ”ilmu”  yang wajib diketahui oleh manusia yang mengaku ber intelektual dan beradab tinggi dijaman kita ini. Oleh karenanya buku ini ditulis sebagai bacaan bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada bidang seni, atau Anda yang sekedar ingin memperkaya wawasan di bidang seni yang menjadi warisan dunia.

History of Art, istilah ini umumnya memuat (hanya) terbatas pada visual art, yang mencakup lukisan, dekorasi, ukiran, patung dan asitektur yang berkaitan dengan obyek-obyek yang menyangkut sejarah kehidupan umat manusia.

Penyusunannya diklasifikasikan sesuai dengan kebudayaan serta periode waktu. Sejarah ini dimulai secara eksklusif dari budaya barat dengan temuan-temuan arkeologi yang diperoleh dari Eropa. Sungguhpun beberapa ahli meyakini bahwa kehidupan umat manusia yang pertama itu di mulai dari Asia (menurut tafsir sejarah dan penelitian atas hasil temuan para arkeolog, manusia pertama nabi Adam itu diturunkan Allah di Srilanka), juga hasil temuan situs purbakala yang terdapat di beberapa tempat di negeri kita mengungkapkan bahwa telah ada kehidupan di jaman purba disini.

Buku sederhana yang kami susun ini tentulah bukan catatan yang lengkap dan jauh dari sempurna. Kami sekedar menyajikan rangkuman catatan ini agar Anda lebih mudah membaca dan mulai tertarik pada bidang seni, lalu menggali sendiri informasi lebih dalam dari sumber-sumber lain yang terserak di berbagai perpustakaan, museum maupun di dunia maya, situs-situs internet.

Selamat membaca.

Surabaya dan Denpasar, Januari 2011

Adi Kusrianto & Made Arini Hanindhar Putri

Bagaimana buku ini ditulis:

Penulisan buku tentang “Sejarah” bukanlah pekerjaan main-main, karena hal ini menyangkut otentifikasi catatan terhadap hal-hal yang terjadi di masa silam. Saya bukanlah ahli sejarah, apalagi ahli seni. Tetapi saya sangat menikmati ketika harus mempelajari sejarah Montase Foto sebagai bahan menulis buku saya “Photoshop Photo Montage” (dibantu Mas Nurcahyo B/W) yang kemudian diterbitkan Elex Media Komputindo – 2009.

Dari keasyikan itu saya mencari lebih banyak artikel, buku, contoh-contoh karya para seniman dan membongkar warisan almarhum ayah saya yang bagaikan “magic box” mengalir dalam darah saya.

Yang saya peroleh akhirnya sebuah rangkuman tentang sejarah seni, tapi hanya sekitar seni rupa saja dan berbasis pada catatan sejarah orang barat (Eropa).  Bahannya terdiri dari bergebok-gebok artikel, dari berbagai macam esiklopedia dan buku sejarah seni: serta sederet artikel dari blog dan situs yang daftarnya saya muat di bagian belakang buku ini (mudah-mudahan tidak ada yang terlewat).

Alur sejarah seni yang saya ikuti bersumber dari huntfor.com yang saya nilai paling urut dan lengkap, sementara materi isinya saya ambil dari banyak sumber terpercaya, baik Encyclopedia maupun artikel-artikel dari para kurator musium. Tetapi saya temukan fakta bahwa sekalipun informasi dari sumber yang saya anggap kredibel ternyata banyak hal yang berbeda baik dalam penyebutan timeline maupun sudut penuturan. Oleh karenanya jika Anda menemukan ketidak samaan di beberapa titik dengan sumber lain yang Anda baca saya sangat menyadari keterbatasan catatan ini.

Untuk merealisasikan ide ini saya mengajak putri sahabat saya yang kebetulan seorang dosen yang menjabat sebagai seorang kepala jurusan Desain disebuah perguruan tinggi di Denpasar. Made Arini, seorang ibu muda yang penuh semangat. Dengan potensi yang dimiliki, dia mampu melengkapi keinginan saya dalam menulis “History Of Art” ini. Dengan berpartner orang muda ini saya ingin tertular semangat dan pemikirannya yang brilliant.

Tetapi sayang, ditengah proyek sedang berjalan partner saya ini yang sedang dalam masa percobaan jadi ibu banyak disibukkan perannya sebagai ibu. Jadi kontribusinya mungkin belum maksimal. Tapi saya yakin proyek yang kedua nanti akan lebih dahsyat.

Terima kasih Hany dan Yane, Yogi dan Giri. Juga matur nuwun Lik Soen atas dukungan harta karunnya yang tidak ternilai harganya. Tidak lupa terima kasih kepada mas Vincent dari Elex Media Komputindo yang telah mempercayai saya menulis buku ini dan kemudian menerbitkannya. Mbak Eliza yang telah menyunting naskah saya hingga jadi sebagaimana yang saat ini ditangan pembaca.

Saya bukan ahli sejarah, apa lagi ahli seni. Tapi saya ingin menyajikan rangkaian informasi ini sebagai kecintaan saya kepada dunia perbukuan di tanah air dan dunia seni rupa, khususnya seni grafis. Semoga pembaca memetik kebaikannya, bukan kekurangannya. Terima kasih.

Wassalam,

Adi Kusrianto

•••

« Previous Article Next Article »

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly