Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

Gerakan Poster DKV se-Indonesia “Stop Tawuran”

Klik untuk memperbesar poster

Kepada Yth

Insan & civitas DKV se Indonesia

Bersama ini kami menyampaikan proposal untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang digagas oleh Alumni ITB’83 melalui Ganesha83 Foundation.

Latar Belakang

Akhir-akhir ini perkelahian antar siswa kembali terjadi dan memakan korban jiwa dengan sia-sia. Peristiwa yang sangat memprihatinkan ini menimbulkan kekhawatiran apabila hanya diatasi secara ‘biasa’ maka akan terulang dan kemudian terlupakan begitu saja tanpa ada upaya tegas untuk menghentikannya.

Tawuran, menurut pandangan kami adalah salah satu ‘bencana’ yang bila dibiarkan akan berdampak ‘nasional’. Generasi muda adalah generasi yang harus kita persiapkan sebaik-baiknya untuk melanjutkan eksistensi bangsa ini di kancah globalisasi.

Kami, yayasan Ganesha83 yang para anggotanya yang kini juga merupakan orang tua dari anak-anak yang beranjak dewasa muda tersebut terpanggil untuk turut berkontribusi mendukung upaya-upaya penghentian kasus-kasus tawuran dan kekerasan pelajar yang terjadi.

Yayasan Ganesha’83 ini dibentuk guna mewadahi semangat “Berbagi” bagi segenap alumni ITB’83, yaitu suatu organisasi nirlaba dengan visi menjadi badan dana abadi ITB yang tumbuh dan berkembang untuk dapat menjalankan misi sosial secara luas dan optimal serta berafiliasi dengan Ikatan Alumni-ITB (IA-ITB).

Misi utama Ganesha83 Foundation adalah memberi beasiswa bagi mahasiswa ITB yang memerlukan serta mendukung upaya peningkatan kewirausahaan (entrepreneurship) mahasiswa ITB. Selain menjalankan misi utama, Ganesha83 Foundation juga berpartisipasi & dan berinisiatif dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya seperti memberi bantuan kepada korban bencana alam, dan membangun taman bacaan di beberapa desa juga menjadi pendukung kegiatan sosial yang telah dibentuk oleh beberapa alumni ITB’83.

Rangkaian Kegiatan

Selain mengadakan talkshow dengan narasumber yang kompeten di bidangnya, kami juga akan menyelenggarakan sebuah gerakan berupa pembuatan poster ‘stop tawuran-no more violence‘ yang akan disumbang oleh civitas akademika DKV (Desain Komunikasi Visual) se-Indonesia.

Dengan mensinergikan seluruh kemampuan perguruan tinggi jurusan DKV sebagai bidang yang mendalami masalah komunikasi visual, kami berharap pesan-pesan, imbauan, ajakan, seruan yang terkandung dalam poster-poster tersebut dapat menghentikan atau mengurangi peristiwa tawuran & kekerasan pelajar selama ini.

Tahapan kegiatan pengumpulan poster akan dimulai tanggal 5 Oktober 2012 dan berakhir 19 oktober 2012, untuk kemudian akan dipamerkan di Pasar Seni Jaya Ancol tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 dan semoga dapat dibukukan dalam catatan rekor Indonesia (MURI) sebagai pengumpulan poster terbanyak dan dalam waktu tercepat (2 minggu).

Dengan dukungan sepenuhnya dari Bapak/Ibu, diharapkan kegiatan ini dapat terwujud dan tentu menjadi harapan kita bersama agar Generasi Muda kita segera terbebas dari masalah tawuran dan kekerasan yang tak berkesudahan.

Besar harapan kami semoga Bapak/Ibu dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini demi terwujudnya kebersamaan dan persatuan insan & civitas DKV seluruh Indonesia.

Tujuan Kegiatan

  1. Pengumpulan poster dari forum DKV se-Indonesia ini adalah wujud sumbangsih dan kontribusi nyata dari keprihatinan kita sebagai insan DKV, sehingga pengumpulan ini tidak dilakukan dalam bentuk lomba melainkan gerakan keprihatinan secara sukarela.
  2. Gerakan ini juga sebagai sebuah momentum DKV untuk menyatukan diri menjadi sebuah kekuatan komunikator massa (dalam arti positif).
  3. Gerakan ini semoga dapat direspon dengan positif, dengan target minimal lebih dari seribu poster terkumpul. Sebanyak 1000 poster terbaik akan dicetak dengan digital print untuk dipamerkan pada hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 di Pasar Seni Ancol, kemudian dikompilasi dalam sebuah buku.
  4. Poster akan diperbanyak dan disumbangkan ke semua Sekolah Menengah di seluruh Indonesia.
Peserta Kegiatan
  1. Insan dan civitas Desain Komunikasi Visual yang terdiri dari: pelajar, mahasiswa, pengajar/dosen, alumni, praktisi (mereka yang bekerja di ranah Desain Komunikasi Visual), professional.
Spesifikasi Teknis Karya
  1. Karya poster berisi imbauan, slogan, harapan, anjuran, pencegahan, ajakan, renungan, gebrakan yang bertujuan untuk menghentikan (paling tidak mengurangi) perilaku tawuran dan aksi brutal pelajar Indonesia. Target Audience untuk pelajar, pendidik, orang tua, masyarakat maupun pemerintah.
  2. Poster atau slogan tidak boleh mengandung pesan sadisme, pornografi & sara.
  3. Karya dikirim dalam format PDF atau RGB tiff dengan ukuran setara 60×90 cm/150 pixel/inch yang memungkinkan nantinya di print di atas kertas A2. Font sebaiknya di ‘convert’.
  4. Wajib menyertakan identitas diri berupa: nama, institusi, dan angkatan.
  5. Peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 karya, maksimal 5 karya.
  6. Untuk menghindari karya kembar (sama persis, kemiripan masih diperkenankan), karya yang masuk akan segera ditayangkan di web site dengan alamat http://www.posterstoptawuran.blogspot.com/. Peserta dapat melihat poster yang sudah masuk lebih dahulu sehingga karya yang sama yang masuk kemudian akan tereliminasi dengan sendirinya.
  7. Akan dipilih 10 karya terfavorit yang akan mendapat penghargaan.
Tahapan Pelaksanaan Pengumpulan Karya
  1. Pengumuman dimulai sejak tanggal 5 Oktober, dikumpulkan serentak pada tanggal 19 Oktober 2012 melalui: Facebook, Email Booster, Poster di masing-masing institusi.
  2. Pelaksanaan Pengumpulan Karya: pengumpulan karya untuk civitas DKV dilakukan oleh koordinator di masing-masing universitas/perguruan tinggi.
  3. Pameran: waktu & tempat akan diumumkan kemudian.
Cara pengiriman
Untuk mahasiswa DKV dan pengajarnya, poster dikirim melalui email atau soft copy ke masing-masing kordinator pengumpulan karya di universitasnya dan koordinator akan mengirimkan melalui email ke:
  1. email: DKV-stoptawuran@yahoo.com atau
  2. email: DKV-stoptawuran@gmail.com
Untuk praktisi & profesional DKV dikirim ke:
  1. email: DKV-stoptawuran@yahoo.com atau
  2. email: DKV-stoptawuran@gmail.com
Info, keterangan dan karya yang masuk dapat diakses melalui: www.posterstoptawuran.blogspot.com
Waktu Pengumpulan
Karya mulai dikumpulkan tanggal 5 Oktober s/d tanggal 19 Oktober (2 minggu)
Koordinator Pengumpulan Karya
Khusus untuk peserta dari civitas DKV, dimohon kesediaannya menunjuk koordinator masing-masing prodi DKV, dan mengirimkan emailnya ke:
  1. Agung EBW: Agungebw83@yahoo.com atau
  2. Enny Raraswati: ennyraraswati@yahoo.com atau
  3. Uci Soemarmo: ucisoe@yahoo.co.id atau
  4. Deden Maulana: dedenmaulana@gmail.com
G83
Sekretariat: Jalan Pejaten Barat 10 Unit H, Jakarta Selatan, telp./fax.: 021 78830273

« Previous Article Next Article »

COMMENTS

  1. thanks infonya….

  2. terima kasih atas undangannya

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly