Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

Field Trip Project Cocoon #01: LeBoYe Design

Sesuai yang telah direncanakan, pada hari Selasa 8 Desember 2009 pukul 13.00 wib rombongan Project Cocoon yang terdiri dari Ageng Raditya (DKV ISI Yogyakarta asal Tangerang-Banten), Erlangga Djojosaputro (DKV Binus asal Jakarta), Hanz Sinelir (DKV ISI Yogyakarta asal Yogyakarta), Devi Windiani (DKV Binus asal Palembang), Vany Oktavia Lombo (DKV Binus asal Sitaro-Siau-Sulawesi Utara) dan Hastjarjo Boedi Wibowo (Koordinator Project Cocoon) bergerak dari homebase Project Cocoon di Desa Kreatif Chandari-Ciganjur menuju kawasan Kemang Selatan markas LeBoYe Design yang dalam kondisi lancar dapat ditempuh dalam 20 menit.

Raut gembira menghiasi wajah peserta Project Cocoon selama perjalanan singkat dengan VW Combi ’72. Sesampai di LeBoYe rombongan menunggu sesaat di ruang meeting karena tuan rumah desainer kondang Hermawan Tanzil masih dalam perjalanan dari kliennya. Sesampai di kantornya, Hermawan Tanzil langsung menyapa dengan ramah para peserta Project Cocoon dan mengajak ngobrol tentang berbagai hal mengenai desain grafis. Sharing ini berlangsung sampai dua jam karena antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara spontan. Keterbukaan Hermawan Tanzil dalam menjawab pertanyaan dan inisiatifnya dalam memancing pertanyaan menjadikan diskusi tanpa moderator ini berjalan dengan hangat.

Pada bagian terakhir Hermawan Tanzil mengajak tour ke studionya untuk melihat proses bekerjanya bagaimana desain dipersiapkan sampai dengan bagaimana dipresentasikan ke kliennya. Juga memperlihatkan karya-karya dari LeBoYe Design. Tidak lupa dengan kemurahan hatinya, Hermawan Tanzil membekali oleh-oleh (goody bag) berupa produk LeBoYe. Sebelum berpamitan Hermawan Tanzil mengajak melihat-lihat bakal LeBoYe Shop yang segera akan dibuka dalam waktu dekat. Kunjungan 2,5 jam yang berkesan di LeBoYe Design. Terima kasih pak Hermawan Tanzil.

Project Cocoon masih merencanakan beberapa field trip lagi untuk peserta angkatan pertama ini. Project Cocoon merupakan bentuk Collaborative Sosial Responsibility para pelaku industri kreatif maupun akademisi, puluhan di antaranya telah menyediakan diri menjadi kontributor dalam kegiatan ini. Project Cocoon angkatan pertama ini masih merupakan prototype untuk mencari bentuk yang lebih baik. Berbagai kekurangan masih terjadi namun usaha untuk memperbaiki terus dilakukan.

Fotografi: Erlangga Djojosaputro, Hastjarjo B Wibowo

Blog Project Cocoon: www.projectcocoon.wordpress.com

Untuk info dan kontribusi: hubungi Hastjarjo Boedi Wibowo di hastjarjobw@yahoo.com

•••

« Previous Article Next Article »

COMMENTS

  1. Trims pak Hanny.

  2. Hmmm,…sungguh menjadi benefit buat kami

  3. suksess project cocoon!

  4. sukses ya projectnya mas..keren mas webnya… betah aq

  5. sebuah proyek yg luar biasa dahsyat, pertanyaannya kemudian, pasca project cocoon, bgm pembinaan mantan peserta project dan bgm pula peran peserta project tsb di dalam jagad dekave?

  6. Ngiler…

    ama VW combinya ama kantornya. Haha!
    Quite inspirative!

  7. ini saya forward message dari bayu firmanda, malang:

    Terima kasih banyak atas sharing-nya, semoga walau tidak bisa magang di Project Cocon, paling tidak ilmu & pengalaman yang diajarkan bisa dibagikan. Karena tidak semua desainer memiliki kesempatan untuk kesana.

    Salam hangat,
    Bayu

  8. Good Luck Guys n Girls, great project what’s # 2?
    We will wait next present from U

  9. Sukses terus project Cocoon, guna mengisnpirasi generasi penerus desain grafis indonesia…

  10. semoga peserta project cocoon bisa jadi butterfly di kemudian hari pak sumbo.. (muga-muga diamini)

    tapi kalau melihat kondisi dunia per-dekave-an sekarang, saya tak menyudut dan merenung saja…
    hehehe…

  11. Le Bo Ye emang keren abis, juga sudut-sudut pengambilan foto di artikel ini, sudut lebar semua..cool!

  12. hanz sinelir dan kawan2 projek cocoon, bola dekave sudah di tangan anda semua, silakan dimainkan, saya tunggu permainan dekave yg manis2 ciamik

  13. sukses buat project cocoon…
    semoga project ini dapat menginspirasi generasi2 berikutnya..

  14. [Gambar1] Ah! Mobilnya Tarix Jabrix!!! Warna ijo bo… minak jinggo! Woo!
    [Gambar5] Pengen balik ke masa lalu, pengen ajut-ajutan (maksudnya kyak nenek di kursi goyang itu…) meski…
    Kudanya agak nyeremin (sih) ^^;

  15. project cocoon! sukses buat kalian semua….
    ditunggu lagi dengan karya2 yang mantab!

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly