Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

Buku “Tinjauan Desain Grafis”

Dok.: PT Concept Media

Awalnya buku ini terbit sebagai buku ajar untuk mata kuliah Tinjauan Desain pada program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di kampus tempat penulis mengajar. Tujuan awal dari penerbitan buku teks tersebut sederhana saja, untuk memudahkan mahasiswa mendapat referensi, ketika harga buku-buku desain impor relatif tak terjangkau oleh sebagian besar mahasiswa di kelas.

Kemudian rekan kami Djoko Hartanto, pendiri majalah CONCEPT, beserta Markus Wisnu Murti—Pemimpin Redaksi majalah CONCEPT—menyatakan niat untuk menerbitkan buku ajar tersebut. Tentu penulis menyambut gembira ajakan itu. Dengan bantuan kawan-kawan di majalah CONCEPT, buku ajar kami perbaiki disana-sini. Khususnya dengan menambahkan materi tentang desain grafis di Indonesia.

Untuk materi desainer grafis di Indonesia, penulis bersama tim Litbang CONCEPT menggunakan materi-materi tulisan yang selama ini telah ditulis dengan sangat baik oleh para editor di majalah CONCEPT – mulai dari Hastjarjo Wibowo, Okky Ardya, hingga Markus Wisnu Murti, bersama rekan-rekan Jurnalis seperti Rina Hutajulu, Irwansyah, dan Ediron. Penggunaan materi ini memang dapat diperdebatkan, mengingat sifat dan tujuan penulisan untuk majalah dan untuk buku seharusnya berbeda. Namun penulis memilih untuk tetap menggunakannya dengan harapan pada penerbitan berikutnya dari buku ini, akan dapat mewawancara langsung para desainer Indonesia tersebut. Khusus untuk materi tentang desainer grafis AD Pirous dan Iwan Ramelan, kami mendapat banyak dari materi yang disediakan oleh website Desain Grafis Indonesia milik Hanny Kardinata.

Pemilihan tokoh-tokoh desainer grafis Indonesia kami lakukan atas pertimbangan kiprah  sebagai perintis profesi desain grafis pada periode pembangunan Soeharto sejak tahun 1968-an. Selain para perintis itu, kami juga membahas beberapa desainer terkemuka generasi berikutnya, seperti Ong Harry Wahyu, Hermawan Tanzil, Danton Sihombing, dan ‘Ayip Bali‘ – nama aslinya adalah Arief Budiman. Khusus desainer grafis terakhir, Ayip, yang berdomisili di Bali, ditampilkan untuk mewakili desainer yang terlepas dari “dominasi pulau Jawa”. Ayip dengan bukunya I  See Indonesia juga mewakili apa yang disebut oleh Rick Poynor dalam kategori “designer as a writer”. Penulis berharap dapat terus menambah lebih banyak lagi materi  tentang desainer grafis Indonesia pada penerbitan berikutnya.

Adapun desainer grafis kontemporer dari luar negeri kami pilihkan beberapa desainer terkemuka dari Asia dan Timur-Tengah yang memiliki konten budaya yang sangat kuat, yaitu Kenya Hara, Kan Tai-keung, Tarek Atrissi, Sudhir Sharma, Oded Ezer, serta Stefan Sagmeister. Desainer Eropa terakhir kami masukkan karena passion-nya dalam menggali inspirasi dan budaya timur di Bali selama setahun. Materi-materi dari beberapa desainer terakhir ini juga penulis olah berdasar tulisan di majalah CONCEPT.

Untuk mendapat masukan yang lebih utuh, kami mendapat kehormatan karena pengajar senior seperti DR. Muchyar, M.Hum., DR. Prijanto Soenarto, M.Sn., dan Prof. Yongky Safanayong, dan rekan penulis desainer grafis terkemuka Hermawan Tanzil, bersedia menjadi pembaca (reader) buku ini di tengah kesibukan mereka yang padat. Rekan pengajar dari Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Drs. Umar Hadi M.Des. juga memberi masukan agar menyertakan materi desain grafis di Indonesia. Untuk itu kami ucapkan terima kasih tak terhingga.

Buku ini tidak dapat terbit bila kami tidak mendapat bimbingan dari rekan-rekan senior pengajar di FSRD Universitas Tarumanagara, seperti Dr. Eddy Hadi Waluyo, M.Hum. dan Dr. Muchyar M.Hum. yang pertama kali mempercaya penulis mengajar Tinjauan Desain. Dalam hal ini Kang Muchyar banyak mengajarkan kami tentang sejarah desain grafis secara mendalam.  Tak mungkin dilupakan rekan yang pertama kali membimbing kami pada mata kuliah Tinjauan Desain, Farid Abdullah, M.Sn. Adapun kawan kami Yassir R. Malik, M.A. banyak memberi kami masukan tentang sejarah seni rupa Barat.

Selain itu, walaupun kami tak pernah bekerja dalam kampus yang sama, namun dari beberapa pertemuan dalam Ujian Negara, kami banyak mendapat masukan dari Mas Yongky Safanayong tentang Tinjauan Desain. Demikian pula untuk pengajar Tinjauan Desain sewaktu penulis masih  menjadi mahasiswa S-1 di ITB, Dr. Agus Sachari, M.Des. yang mengenalkan penulis pada Tinjauan Desain. Untuk semua jasa-jasa di atas kami hanya sanggup mengucapkan terima kasih.

Masih banyak kelemahan buku ini yang menjadi tanggung jawab kami sebagai penulis. Buku ini perlu terus dikritisi dan disempurnakan. Perbaikan berdasarkan kritik dan saran dari para reader buku ini yang tak sempat dilakukan pada versi cetak/ hard copy, kami coba perbaiki di versi soft copy/website.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, semoga buku ini dapat memacu keinginan pembaca, baik pembaca umum maupun mahasiswa desain komunikasi visual, untuk makin memajukan bidang profesi dan bidang keilmuan desain grafis di Indonesia sebagai bagian tak terpisahkan dari desain grafis dunia.

Arief Adityawan S. dan Tim Litbang CONCEPT

Arief Adityawan S
Arief Adityawan Sosrojudho
lahir di Jakarta, 4 Mei 1965. Mempelajari desain grafis di Institut Teknologi Bandung 1984-1993. Sejak tahun 1997 mengajar di Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara. Penulis kadang menuangkan pendapatnya di beberapa media desain dan seminar. Penelitiannya sewaktu studi di Magister Desain ITB (2003) diterbitkan menjadi buku Propaganda Pemimpin Politik Indonesia, Mengupas Semiotika Orde Baru Soeharto (LP3ES, 2008). Dia bersama kawan-kawannya mendirikan lembaga desain grafis untuk penyadaran masyarakat, Grafos bergerak dalam bidang desain, pelatihan dan penelitian.

Sumber: Tinjauan Desain Grafis

•••

« Previous Article Next Article »

COMMENTS

  1. 1. selamat atas penerbitannya.
    2. bisa dituliskan spesifikasi buku lebih detail (ukuran, jumlah halaman, daftar isi, waktu penerbitan, dan harga)

    salam,
    koskow jogja

  2. Terima Kasih kawan Koskow
    285 hal
    15X24Cm
    Jakarta: Concept, 2010

    Daftar isi menyusul ya 8-)

  3. pesan kemana neh? bisa beli online ga?

    thx

  4. apakah buku ini sudah didistribusikan ke toko buku Surabaya?? mohon info..

    terimakasih

  5. terlampir jawaban dari penulisnya, arief adityawan: “Menurut penerbit sudah diedarkan di toko buku. Kalau belum ada di tempat sekitar kawan-kawan, silakan hubungi ke conceptmagz.com. Kalau tidak salah utk mahasiswa dan dosen ada harga khusus (selama persediaan masih ada?). Terima kasih utk apresiasi dan tanggapan kawan-kawan. Mohon masukan, kritik/sarannya, demi kemajuan desain grafis di indonesia. sila klik: http://www.tinjauandesain.com

  6. ayo didiskusikan di jogja, saya siap. salam

  7. apakah saya bisa memesannya di sini? saya ingin memiliki buku ini, tapi setelah di cari di toko buku manapun saya tidak menemukannya? terima kasih.

  8. adakah yg masih menjualnya?
    saya sangat membutuhkannya.

    terima kasih.

  9. Kami sudah menghubungi penulisnya dan penulisnya akan mencoba menghubungi penerbitnya. Kalau ada perkembangan, akan kami sampaikan di sini. Terima kasih.

  10. semoga bisa cepat terbit lagi …
    buku yang sangat saya butuh kan ..

  11. Lagi cari majalah concept.. Ada yg jual?

  12. Halo, untuk Buku Tinjauan Desain Grafis ini masih terbit di tahun 2013? Saya ingin membeli buku ini, tapi di toko-toko buku sudah tidak ada yang menjualnya. Mohon info. Trims.

  13. saya sedang mencari buku Tinjauan Desain Grafis ini apakah ada info untuk ordernya ??

    trimakasih

  14. @charis: Belum ada kabar perkembangan mengenai ketersediaan buku ini.

  15. @han : wah padahal buku ini sangat bermanfaat bagi rekan2 mahasiswa. saya sangat berharap buku ini diterbitkan kembali.

    trimakasih .

  16. saya baru tahu ada buku ini karena tadi dosen saya sendiri bapak umar yang bilang… tapi saya bingung beli dmn? toh pak umar juga gtau apakah buku ini masih di produksi :(

  17. apakah stock buku ini masih ada ya…..?

  18. cetak lg dong, atau gak mungkin bisa dibeli lewat format ebook

  19. menurut info buku ini udah tidak di produksi lagi,
    Padahal saya juga butuh, :(

  20. mas bukunya masih bisa di pesankah.?

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly