Desain Grafis Indonesia

Desain Grafis Indonesia

Fostering understanding among Indonesian graphic designers and its juncture in art, design, culture and society

Aksara-Aksara Nusantara Jilid 1

Buku ini tentang aksara-aksara nusantara. Bentangannya sejak aksara awal yang hadir di nusantara hingga yang saat ini masih ada. Buku ini pun disertai data-data visual. Tulisan-tulisn dalam buku ini dapat dibagi ke dalam dua bagian, pertama kajian tentang aksara nusantara, kedua tentang perancangan aksara yang (me)nusantara. Pada bagian pertama dapat dijumpai kajian-kajian tentang aksara nusantara dari berbagai sudut pandang seperti sejarah, fase, kebudayaan, hingga dimensi seni dalam aksara. Pada bagian kedua dapat dijumpai sebuah tulisan berupa pelaporan perancangan aksara nusantara. Ringkasnya, buku ini memuat kajian dan penciptaan tentang aksara nusantara.

Judul-judul tulisan dalam buku ini yaitu “Nusantara dan Aksara” (Sungatno), “Rupa-Rupa Aksara Nusantara” (Sungatno), “Aksara Sebagai Tonggak Sejarah” (M. Sanusi), “Aksara Dalam Medium Kebudayaan” (M. Sanusi), “Merupa Aksara” (Widyatmoko ‘Koskow’), dan “Keberlangsungan Aksara Nusantara Melalui Digitalisasi Tipografi” (N. Hasti Lumenta). Buku ini hadir atas inisiatif rekan-rekan di PPM (Pondok Pesantren Mahasiswa) Hasyim Asy’ari, Cabean, Yogyakarta dalam menggiatkan Yayasan Aksara Nusantara.

Buku ini diterbitkan oleh Zat Publishing, Desember 2010, dimensi 130 mm x 200 mm, xxii + 164 halaman. Buku ini dicetak terbatas dan sebagian telah dihibahkan ke beberapa perpustakaan. Buku ini juga dijual dengan harga 15.000 rupiah, namun terbatas (infor pembelian buku dapat menghubungi Budi di nomor 085743564956). Buku ini referensial bagi siapa saja yang hendak menambah wawasan tentang aksara nusantara karena di dalamnya dapat dijumpai bagaimana aksara nusantara dipandang, dituliskan, hingga diciptaulang. Salam (koskow, Jogja)

Biodata singkat para penulis:

  • FX Widyatmoko ‘koskow’, alumnus DKV FSRD ITB, pengajar di DKV ISI Yogyakarta sejak 2005 hingga sekarang. Buku yang telah diterbitkan “Merupa Buku” (LKiS, 2009), “Seni Rupa Buku Penerbit Jogja 90-an” (diterbitkan dalam rangka Biennale Jogja X, Desember 2009-Januari 2010).
  • M Sanusi, M, peneliti pada Center for Social Democracy Studies di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  • N Hasti Lumenta, pengajar di Modern School of Design (MSD) Yogyakarta, alumnus Sarjana & Pascasarjana ISI Yogyakarta dengan tesis tentang penciptaan huruf Batik Garuda.

Sungatno, Ketua Lembah Kajian Peradaban Bangsa (LKPB) Yogyakarta.

•••

« Previous Article Next Article »

COMMENTS

  1. Selamat buat kehadiran buku ini buat semua yang berpartisipasi.
    Saya mau tanya, apakah bisa exemplar-nya dikirim ke luar indonesia?
    Kalau mungkin, bisa dikontak ke saya di: hello@irvandys.de
    Terimakasih.
    Salam hangat dari Berlin
    irvan

  2. Saya sangat tertarik dengan buku ini dan sudah memesannya.
    Semoga semakin banyak buku yang mengangkat kearifan budaya lokal semacam ini.
    Salam,

    Surianto.

  3. Apa masih bisa memesan buku ini?tolong infonya trima kasih..

  4. Sila kontak langsung nomer telepon tercantum, terima kasih.

Add Your Comments

© DGI-Indonesia.com | Powered by Wordpress | DGI Logo, DGI's Elements & IGDA Logo by Henricus Kusbiantoro | Web's Framing by Danu Widhyatmoko | Developed by Bloggingly